PENGERTIAN
BUDAYA ORGANISASI
pengertian
budaya organisasi adalah pola dasar yang diterima oleh organisasi untuk
bertindak dan memecahkan masalah, membentuk karyawan yang mampu beradaptasi
dengan lingkungan dan mempersatukan anggota-anggota organisasi.
PROSES
TERBENTUKNYA BUDAYA ORGANISASI
Untuk
membentuk budaya organisasi, prosesnya dimulai dari tahap pembentukan ide dan
diikuti oleh lahirnya organisasi. Meski pada tahap pembentukan ide organisasi
tersebut belum menjadi kenyataan atau ada wujudnya secara fisik, tahap ini
menjadi dasar terbentuknya budaya organisasi. Pada saat para pendiri organisasi
memiliki ide untuk mendirikan organisasi, maka budaya organisasi pasti akan
ikut terpikirkan meskipun masih secara eksplisit. Budaya organisasi baru menjadi
kenyataan ketika organisasi sudah benar-benar berdiri. Dapat dikatakan bahwa
ketika organisasi berdiri, pembentukan budaya organisasi pun ikut dimulai.hal
ini dijelaskan oleh Schein (1985) yang menyatakan bahwa pembentukan budaya
organisasi tidak bisa dipisahkan dari peran para pendiri organisasi. Prosesnya
mengikuti alur berikut:
a. Para pendiri dan pimpinan lainnya
membawa serta satu set asumsi dasar, nilai-nilai, perspektif, artefak ke dalam
organisasidan menanamkannya kepada karyawan.
b. Budaya muncul ketika para anggota
berinteraksi satu sama lain untuk memecahkan masalah-masalah pokok organisasi
yakni masalah integrasi internal dan adaptasi eksternal.
c. Secara perorangan, masing-masing anggota
organisasi boleh menjadi seorang pencipta budaya baru (culture creator) dengan
mengembangkan berbagai cara untuk menyelesaikan persoalan-persoalan individual
seperti persoalan identitas diri, kontrol, dan pemenuhan kebutuhan serta
bagaimana agar bisa diterima oleh lingkungan organisasi yang diajarkan kepada
generasi penerus.
No comments:
Post a Comment