ADMINISTRASI ALAT TES
DAP
(Draw a Person) Test
a. Pada lembar kertas putih polos
tersebut, testee diminta untuk mengisi identitas dirinya berupa : nama
(inisial), jenis kelamin, usia, pendidikan , pekerjaan, serta tanggal
pemeriksaan (tes).
b. Kemudian balik kertas tersebut dalam
posisi vertikal (portrait) lalu berikan instruksi :
"Gambarlah
seorang manusia"
c. Perhatikan apakah insrtuksi
benar-benar dipahami oleh testee.
d. Bila testee sudah memahami instruksi,
biarkan ia menggambar dengan menggunakan pensil HB yang telah disediakan.
e. Selama testee menggambar, tester harus
mengobservasi dan mencatat hasil observasinya.
f. Setelah selesai, balik kembali kertas
tersebut dan mintalah testee untuk menuliskan halhal yang berkaitan dengan
gambar manusia yang telah ia buat, yaitu :
· - Siapa
yang digambar
· -
Jenis
kelamin
· -
Usia
·
- Kelebihannya
(berhubungan dengan sifat)
· -
Kekurangannya
(berhubungan dengan sifat)
·
- Apa
yang disukai (berhubungan dengan fisik)
·
- Apa
yang tidak disukai (berhubungan dengan fisik)
·
- Apa
yang dedang dilakukan (aktivitas)
· -
Apa
yang dipikirkan
· -
Bagaimana
perasaannya dan kenapa
BAUM
Test
a. Pada lembar kertas putih polos
tersebut, testee diminta untuk mengisi identitas dirinya berupa : nama
(inisial), jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, serta tanggal
pemeriksaan (tes).
b. Kemudian balik kertas tersebut dalam
posisi vertikal (portrait) lalu berikan instruksi :
"
Gambarlah pohon berkayu atau berkambium, KECUALI pohon pisang, kelapa, randu,
beringin, semak atau perdu, bambu, pinus atau palma, cemara dan pohonpohon
lainnya yang tidak berkayu."
c. Perhatikan apakah instruksi
benar-benar dipahami oleh testee.
d. Bila testee sudah memahami instruksi,
biarkan ia menggambar dengan menggunakan pensil HB yang telah disediakan.
e. Selama testee menggambar, tester harus
mengobservasi dan mencatat hasil observasinya.
f. Setelah selesai, balik kembali kertas
tersebut dan mintalah testee untuk menuliskan nama pohon yang digambar.
HTP
(House Tree Person) Test
a. Pada lembar kertas putih polos
tersebut, testee diminta untuk mengisi identitas dirinya berupa : nama
(inisial), jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, serta tanggal
pemeriksaan (tes).
b. Kemudian balik kertas tersebut dalam
posisi horizontal (landscapet) lalu berikan instruksi :
"Gambarlah
sebuah rumah, sebuah pohon dan seorang manusia dalam satu kesatuan"
c. Perhatikan apakah instruksi
benar-benar dipahami oleh testee.
d. Bila testee sudah memahami instruksi,
biarkan ia menggambar dengan menggunakan pensil HB yang telah disediakan.
e. Selama testee menggambar, tester harus
mengobservasi dan mencatat hasil observasinya.
f. Setelah selesai, balik kembali kertas
tersebut dan mintalah testee untuk menuliskan cerita mengenai gambar yang ia
buat secara singkat.
Wartegg
Test
Administrasi
tes :
a. Pada lembar wartegg yang telah
disediakan, mintalah testee untuk mengisi identitas pada kolom yang telah
disediakan.
b. Setelah selesai mengisi identitas
berikan instruksi :
"Pada
kertas ini terdapat delapan buah segi empat. Masing-masing segi empat memiliki
tanda kecil yang berbeda (sambil ditunjukan) dan tidak memiliki arti khusus.
Anda diminta untuk membuat gambar dimana tanda-tanda ini menjadi bagian dari
gambar anda. Anda boleh menggambar apa saja yang anda suka dan memulai dari
segi
empat mana saja yang anda inginkan. Setelah selesai menggambar pada satu segi
empat, jangan lupa memberi nomor diluar segi empat tersebut"
c. Pastikan apakah instruksi benar-benar
dipahami testee.
d. Bila testee sudah memahami instruksi,
biarkan ia menggambar dengan menggunakan pensil HB yang telah disediakan.
e. Selama testee menggambar, tester harus
mengobservasi dan mencatat hasil observasinya.
f. Setelah selesai menggambar seluruh
kolom, testee diminta menuliskan secara berurutan gambar-gambar apa saja yang
telah ia buat.
Kemudian
tanyakan :
- Gambar mana yang paling DISUKAI,
diberi tanda (+)
- Gambar mana yang paling TIDAK
DISUKAI, diberi tanda (-)
- Gambar mana yang paling MUDAH, diberi
tanda (M)
- Gambar mana yang paling SULIT, diberi
tanda (S)
g. Kemudian tanyakan alasanya.
h. Jika testee membuat gambar yang bagus,
tanyakan apakah ia hobi menggambar dan ide menggambarnya didapat dari mana.
i. Karena wartegg test ini dilaksanakan
pada akhir rangkaian tes grafis, maka lakukan rapport penutup dan mengucapkan
terima kasih atas kerjasama testee dalam menjalani serangkaian tes ini.
REFRENSI
http://ps-menengah.lab.gunadarma.ac.id/wp-content/uploads/2009/11/PROSEDUR-PELAKSANAAN-PRAKTIKUM-PSIKODIAGNOSTIKA-4-TES-GRAFIS.pdf.
Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -
ReplyDeleteAnd making profit with it is as simple as 1, 2, 3!
Here is how it works...
STEP 1. Tell the system what affiliate products you intend to promote
STEP 2. Add push button traffic (it LITERALLY takes JUST 2 minutes)
STEP 3. Watch the affiliate products system grow your list and upsell your affiliate products all on it's own!
So, do you want to start making money???
Click here to check it out